«

»

Jan 17

Ada Apa Dengan lelaki yang bersifat seperti perempuan? Ini Penjelasannya

otak

BMspaces-Pernahkan kalian melihat lelaki yang agak bersifat seperti perempuan atau sebaliknya? Mari kita bahas bersama.

Dalam ilmu Neurobiologi ( ilmu tentang otak manusia ) kejadian seperti ini disebut Otak Penyebrang, diperkirakan ada sekitar 25 % lelaki di seluruh dunia yang benar benar berotak penyebrang. Ini merupakan angka yang signifikan. Namun jumlah ini hanya perkiraan yang pernah dilakukan pada tahun 2005.

Sebenarnya setiap lelaki mempunyai otak penyebrang karena tubuhnya mengandung hormon estrogen/progesteron. Jika melihat manusia dari kacamata spiritual, kita pasti akan mengatakan bahwa manusia merupakan gabungan antara unsur maskulin dan feminin. Secara teoritis, banyak perempuan yang mengharapkan ada lebih banyak lelaki yang berotak penyebrang ini. Karena, akan lebih mudah bagi perempuan untuk berkomunikasi dengan mereka, karena cara pikir mereka lebih feminin.

Ketika para perempuan mengidealkan lelaki yang berotak penyebrang dan merasa dikhianati oleh lelaki yang berbeda dengan harapan mereka, mereka tanpa sadar beranggapan bahwa cinta harus dibangun di atas persamaan emosi dan hubungan yang saling menyelami. Sayangnya anggapan itu tidaklah benar.

Lelaki yang berotak penyebrang ini memiliki jumlah hormon estrogen/progesteron yang agak lebih banyak daripada kebanyakan lelaki. Dan jumlah hormon testosteron yang mereka miliki lebih rendah. Hormon hormon dengan jumlah seperti itu dialirkan ke hypothalamusnya semenjak dia masih berwujud janin dalam kandungan ibunya.

Ini lah penyebab lelaki bersifat seperti perempuan.

  • Ukuran corpus callosum (sekumpulan saraf kecil yang menghubungkan otak kanan dan kiri) lebih besar dari pada lelaki umumnya. Karena biasanya lelaki mempunyai corpus callosum 25% lebih kecil dari perempuan dan mungkin seorang otak penyebrang mempunyai corpus callosum 15/10/5% lebih kecil dari perempuan. Maksudnya jika corpus callosum perempuan 100% dan corpus callosum pada lelaki normal 75% maka corpus callosum si otak penyebrang ini memiliki 80/85/90/95%.

  • Lelaki biasa memiliki serotinin (bahan kimia otak yang membuat tenang) yang lebih sedikit daripada perempuan. maka si otak penyebrang berada di tengah tengah itu (lihat penjelasan dipoint sebelumnya)

  • Jumlah oxytonic (bahan kimia otak yang sangat mengikat manusia dengan orang lain atau suatu benda) lebih tinggi daripada lelaki biasa dan sedikit lebih rendah daripada perempuan.

  • Ukuran amigdala (pengatur emosi emosi dan impuls impuls agresif kita) lelaki lebih besar daripada perempuan. maka si otak penyebrang berada ditengah tengah mereka.

  • Ukuran hippocampus (pusat memori) perempuan lebih besar dari lelaki. Maka ukuran hippocampus si otak penyebrang pun lebih besar dari lelaki dan lebih kecih dari perempuan.

  • Seperti halnya perempuan. otak si otak penyebrang tidak bisa diam, dan tidak bisa lepas dari stres.

Faktor lingkungan yang berperan dalam hal ini tidak lah menonjol karena selama lelaki itu memang dominan maskulin tidaklah akan berpengaruh besar terhadap penyebrangan otak tetapi yang terjadi hanyalah empati saja yang agak lebih peka terhadap lelaki itu.

Nah, itulah penjelasan menurut perpaduan antara ilmu neuorbiologi dan ilmu psikologi.

Untuk melihat apakah anda lebih dominan bersifat maskulin atau sebaliknya silahkan coba test kuisioner otak ini.

 

Facebook Comments

4 comments

Lompat ke formulir komentar

  1. Kobayogas

    Gaul sama gay/homo/maho lama lama ketularan juga…
    Amit amit

  2. otoborn.com

    link kuesioner otak nya perlu diperbarui ya

    1. bmspaces

      iya nih 😀

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: