«

»

Mar 04

Ketahuilah Fungsi, Manfaat, dan Tujuan Bermain Bagi Anak Usia Dini

manfaat bermain

Bmspaces- Anak bagaikan buku yang tidak pernah habis dibaca, yang dimana setiap halamannya dapat bertambah dan berubah. Bermain bagi anak adalah proses perkembangan yang harus dipenuhinya.

                Bermain bagi anak adalah belajar. Yang dalam pembelajaran itu, anak mendapat pengalaman baru, menjadi diri sendiri, merangsang kecerdasan otak dan lain lain.

Sebelumnya, jenis permainan yang biasa dilakukan anak adalah permainan sensorimotor yang menggunakan semua indera, permainan simbolis adalah pemainan yang biasa dilakukan anak anak dengan berpura pura, permainan konstruktif adalah permainan yang menggabungkan sensorimotor dan simbolis, permainan sosial yang dimana anak berinteraksi sosial dengan teman mainnya, dan juga permainan kompetisi yang melibatkan aturan aturan dalam bermain.

                Sekarang bmspaces.com akan membahas mengenai fungsi dan manfaat bermain bagi anak.

Fungsi dan manfaat bermain untuk kemampuan intelektual

Dalam permainan ini, anak dapat merangsang kemampuan kognitif mereka. Dalam permainan sensorimortor, anak dapat mengenal permukaan lembut, halus, kasar, dll. Sehingga dapat meningkatkan kemampuan abstraksi ( imajinasi, fantasi)

Anak juga dapat membangun struktur kognitif. Yang dimana anak dapat memperoleh informasi lebih banyak, sehingga pengetahuan dan pengalamannya lebih mendalam.

Permainan pun dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak yang mencakup identifikasi, pengelompokan, meramal, menentukan sebab dan akibat. Sehingga anak dapat mengasah kemampuan logikannya.

Anak dapa mecegah kebosanan yang berakibat rewelnya si anak dengan permainan yang besifat imajinatif untuk memecahkan suatu masalah.

Yang harus diperhatikan dalam hal ini, anak tidak akan mungkin lama bermain dengan kepura puraan seperti menjadi dokter-dokeran, guru, dll.

karena imajinasinya mungkin masih terbatas. Dan imajinasi berpengaruh terhadap konsentarsi. Anak yang imajinatif akan memiliki tingkat konsentarsi yang tinggi dibandingkan sebaliknya.

Fungsi bermain sebagai labraotatorium bahasa

Didalam bermain anak akan bercakap dengan temannya. Sehingga mereka dapat menemukan kosakata baru dan kosakata yang mereka milikipun tentu akan bertambah.

Fungsi bermain sebagai perkembangan sosial

Ketika bermain anak akan memperhatikan cara pandang teman mainya sehingga akan mengurangi keegoisan pada diri si anak.

Permainan dapat membuat si anak untuk mengembangkan kemampuan komunikasi mereka. Ketika bermain, si anak dituntut untuk mengerti dan dimengerti juga oleh temannya. Karena permainan juga anak dapat mengungkapkan pendapat dan mendengarkan pendapat orang lain.

Dalam permainan, seringkali adanya peran yang berbeda yang harus diperankan si anak, sehubungan dengan “siapa” yang akan menjadi “apa”. Olehkarena itu, dalam permainan si anak juga belajar berorganisasi untuk membuat peran yang harmonis dan melakukan kompromi.

Fungsi bermain untuk perkembangan emosi

Dalam bermain si anak akan melampiaskan emosi dan relaksasinya. Karena, dalam bermain si anak dapat mengeksperikan kegembiraan, tawa mungkin juga kadang ada sedikit kemarahan yang diakibatkan suatu hal. Dan itu semua akan menstabilkan emosi mereka.

dalam bermain si anak mendapatkan kesempatan untuk mengatasi situasi. Sehingga rasa kompeten pada diri anak menjadi lebih tinggi. perasaan ini dapat menambah rasa percaya diri mereka.

Selain itu, dalam bermain si anak dapat menyalurkan keinginanya. Untuk berperan menjadi “apa” sesuai keinginannya

Dengan bermain, si anak dapat menetralisir perasaan negatif seperti cemas, takut, sedih, dan bahkan trauma yang pernah mereka rasakan.

Dalam bermain biasanya ada konflik diantara mereka, disini si anak bisa belajar menyikapi dan mengatasi konflik yang ada.

Juga, dalam bermain si anak dapat menyalurkan agresifitasnya secara aman. Contohnya ketika si anak berperan mejadi guru, disini si anak akan mengeksperikan emosinya sebagai “guru” yang bisa saja timbul dengan tidak disadarinya.

Funsi bermain untuk perkembangan fisik

Dengan bermain, si anak dapat mengembangkan pengindraan mereka dan mengenal berbagai hal yang ia lihat, sentuh, cium, dengar dan lainnya.

Dalam hal ini juga si anak dapat meingkatkan kemamupuan motorik merka seperti berlari, berjalan, melompat dan lain lain.

Juga, dalam bermain si anak dapat menyalurkan energi fisik yang terpendam. Seperti berlari, kejar kejaran dan semacammnya. Sehingga energi mereka tersalurkan dan jika energi tidak disalurkan, si anak akan sering merasakan gelisah, tegang, dan mudah tersinggung.

Fungsi bermain untuk kreatifitas

Dalam bermain anak dapat berimajinasi sehingga mereka dapat mengembangkan kreatifitasnya. Kesempatan berpikir antara batasan batasan dunia nyata. ketika bermain, menjadikan si anak dapat berpikir secara kreatif yang tentunya akan sangat berguna bagi kehidupannya sehari hari.

Nah, itulah fungsi bermain bagi anak anak pada usia dini. Tetapi yang harus diketahui oleh orang tua adalah ketika anak bermain haruslah orang tua memantaunya. Jauhkan benda benda yang membahayakan bagi anak.

peran serta yang harus dilakukan orang tua seperti memantau, mengarahkan, memberikan fasilitas untuk mereka bermain, juga membangun kreatifitas pada anak.

Facebook Comments

10 comments

Lompat ke formulir komentar

  1. Jildhuz

    Sejatinya anak bermain saat usia dini mereka juga sedang belajar om

    Kwkekek

    https://jildhuz.wordpress.com/2016/02/18/kriminal-member-qnet-menahan-ijasah-prospekan/

    1. bmspaces28

      nah itu intinya makannnya jangan ngelarang anak buat bermain. yang penting di awasi sajaahh …:)

    1. bmspaces28

      iya kang…

  2. imotorium

    joss, berani nakal itu baik

    siang mas mba, izin share artikel tentang safety riding, semoga bermanfaat 😀

    http://imotorium.com/2016/03/04/skenario-kecelakaan-saat-berkendara-dengan-sepeda-motor-part-3/

    1. bmspaces28

      woke kang tenang bakal mampir 😀

  3. Madps

    Nice artikel thx 😀

    1. bmspaces28

      maksih pak..

  4. tince sukarti

    bermain diusia dini itu akan meningkatkan masa pertumbuhan anak dan akan membantu daya ingatnya serta tingkah lakunya.
    Ketahui bahwa ini hal yang harus http://hidupmulia.net/cara-mengecilkan-perut/“>DIMILIKI setiap orang.

    1. bmspaces28

      nah begitulah gan 😀

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: